Juni 16, 2009

Menghitung Masa Subur dan Usia Kehamilan


Sebelum membicarakan masalah kehamilan, sebenere hal yang juga perlu diperhatikan adalah mengenai masa subur. Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan.

Tanda paling umum yang menjadi indikator hamil ato tidaknya adalah telatnya “tamu bulanan” datang. Setelah yakin sekian hari tidak datang juga, biasanya para wanita membeli alat tes kehamilan yang dijual dipasaran. Dari yang termurah sampe yang termahal. Hasilnya positif? Pertanyaan selanjutnya pasti tidak jauh dari “ kira-kira sudah berapa minggu usia kehamilan saya?”

Ada beberapa situs yang menyediakan penghitungan ini. Untuk menghitung masa subur maupun usia kehamilan, biasanya digunakan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) kita.

Contoh di situs ovulation calendar (yang kudapet dari blognya icha >>> thx a lot Cha!)

Untuk HPHT ku tanggal 25 April 2009. Masa suburnya jatuh pada tanggal 10 Mei 2009.


Situs yang ini, Fit Pregnancy menyajikan masa subur sekaligus dengan perkiraan tanggal kelahiran bayi. Untuk rata-rata jumlah hari siklus bulanannya aku masukin 29 hari, ini juga dihitung dari rata-rata HPHT 2 bulan sebelumnya.




Kalo di Babies Online, hampir sama dengan yang di fit pregnancy, hanya ada penambahan usia janin, masuk di trimester berapa, ada zodiak dan sebagainya.




Yah .. ini kan semua hanya hitungan dan perkiraan saja. semoga bisa diambil manfaatnya. Misal kita masuk minggu keberapa, makanan yang baik buat janin apa saja, pertumbuhan janinnya bagaimana dan juga perubahan tubuh kita seperti apa. 

Semoga sampai minggu-minggu kedepan, ibu dan dedenya baik-baik saja, Amin... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

LittLe PriNCeSS's sToRy Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice